Mengenal Lebih Jauh Oray Totog Atau Ular Hijau

Hallo Cianjur.com - Hallo Bestie Hallo Cianjur semuanya. Kita tahu kalau mendengar atau melihat ular membuat kita merasa takut dengan hewan yang satu ini. Dengan bentuk tubuh yang panjang tanpa memiliki kaki, dan identik dengan hal - hal mistis menambah kengerian terhadap ular untuk berbagai kalangan masyarakat.

Di Jawa Barat, khususnya di Cianjur kita sering mendengar beberapa sebutan ular yang sangat berbahaya seperti Oray Bedul, Oray Gibug, Oray Totog, dll. Sebenarnya tidak semua jenis ular itu berbahaya atau mematikan seperti anggapan - anggapan masyarakat lainnya. Dan di artikel kali ini kita akan sedikit membahas tentang Mengenal Lebih Jauh Oray Totog Atau Ular Hijau yang biasa kita temukan di atas pohon. 

 

Mengenal Lebih Jauh Oray Totog Atau Ular Hijau
Mengenal Lebih Jauh Oray Totog Atau Ular Hijau

 

Dikalangan masyarakat oray totog sangat berbahaya dan sangat mematikan, tetapi itu tidak sepenuhnya benar. Oray Totog atau ular hijau adalah jenis ular hijau yang biasa ditemukan di atas pepohonan dan memiliki berbagai jenis dari yang tidak mematikan sampai dengan jenis yang sangat mematikan. Dan berikut sedikit ulasan tentang beberapa jenis Oray Totog atau Ular Hijau.

 

 

1. Ular Hijau Albolabris

 

Mengenal Lebih Jauh Oray Totog Atau Ular Hijau
Mengenal Lebih Jauh Oray Totog Atau Ular Hijau

Trimeresurus Albolabris atau biasa dikenal sebagai Ular Viper Pohon Hijau dan biasa juga dikenal sebagai Ular Bangkai Laut. Merupakan salah satu jenis ular hijau dari keluarga Viperidae yang sangat mematikan. Karena memliliki bisa yang cukup kuat dan mematikan.Ular ini biasa ditemukan di atas pohon atau di area perkebunan yang penuh dengan ranting dan dedaunan. Ciri-ciri dari jenis ular ini adalah kepala yang sedikit agak besar, warna tubuh yang hijau dan warna ekornya merah. 

Karena memiliki bisa yang cukup kuat dan mematikan Ular Ini di kategorikan ke golongan ular High Venom. Bisa dari jenis ular ini bersifat Hemotoksin, yang mana dapat merusak sistem peredaran darah manusia, yang mengakibatkan rasa sakit yang hebat dan kerusakan jaringan disekitar luka akibat gigitan ular ini. Dan jika tidak segera ditangani, bisa mengakibatkan resiko kematian.

Di Indonesia sendiri sudah banyak penghobi yang memelihara jenis ular ini untuk display ruangan rumah, padahal sangat tidak di anjurkan untuk memelihara jenis ular yang satu ini karena sangat mematikan.


Baca Juga :

Mini Zoo Mariwati Cipanas Cianjur tempat Wisata Hits Terbaru

Mengenal 7 Jenis hewan koleksi Mini Zoo The Nice Funtasticpark Objek wisata terbaru di Cianjur

 

2. Ular Pucuk

 

Mengenal Lebih Jauh Oray Totog Atau Ular Hijau
Mengenal Lebih Jauh Oray Totog Atau Ular Hijau


Ahaetulla Prasina atau biasa kita kenal sebagai Ular Pucuk ini merupakan salah satu jenis ular pohon hijau dengan ciri - ciri tubuh yang sangat mirip dengan pucuk - pucuk tanaman. Dengan tubuh ramping dan warna hijau menjadikan ular ini sangat samar dengan dedaunan.

 Sama seperti Albolabris Ular pucuk ini juga mempunyai bisa ditubuhnya, namun perbedaannya bisa dari ular pucuk ini rendah dan dikabarkan hanya mengakibatkan gatal - gatal di area yang tergigit atau menyebabkan meriang. Untuk penghobi tetap tidak disarankan untuk memelihara jenis ular yang mempunyai bisa.


3. Ular Gadung

 

Mengenal Lebih Jauh Oray Totog Atau Ular Hijau
Mengenal Lebih Jauh Oray Totog Atau Ular Hijau


Gonyosoma Oxicephalum atau biasa dikenal sebagai ular gadung atau ular bajing ini juga merupakan salah satu jenis ular hijau yang biasa kita temukan diatas pepohonan. Dengan ciri-ciri yang hampir sama dengan ular Albolabris seperti warna tubuhnya yang hijau dan warna ekor yang kecoklatan, menjadikan ular jenis ini kerap disamakan sebagai ular yang sangat mematikan atau berbahaya. Faktanya ular dari keluarga Colubridae ini tidak memiliki bisa sama sekali atau sama sekali tidak berbahaya. Dan ular ini juga pernah muncul di salah satu adegan film horror KKN Di Desa Penari yang sekarang lagi trend loh.

Dengan persamaan warna tubuh dari ketiga jenis ular ini dan tidak sedikit kasus kematian yang diakibatkannya menjadikan ular hijau sebagai ular yang sangat berbahaya dan sangat mematikan dan biasa kita kenal sebagai Oray Totog. Padahal faktanya, tidak semua jenis Oray Totog ini berbahaya loh Bestie.


Baca Juga :

Puncakskuy Bisnis Usaha Wisata di Kawasan Puncak Cipanas Cianjur

Jenis Ikan Channa Yang Populer di Cianjur

 

Semoga dengan artikel ini menambah wawasan untuk para Bestie semuanya tentang tidak sepenuhnya benar kalau Oray Totog ini semuanya berbahaya. dan semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak