Keramik Pancaniti salah satu Karya Unik Asli Kota Cianjur

Beberapa kerajinan dan kuliner khas cianjur sudah sangat di kenal secara nasional dan juga mendunia,sebut saja seperti kerajinan lampu gentur atau juga kuliner khas cianjur tauco dan berbagai jenis karya – karya lain nya yang sudah melang lang dunia dan menjadi buah tangan apabila anda berkunjung dan berwisata di kawasan cianjur.

Salah satu karya dan hasil kreativitas warga cianjur yang tidak kalah unik dan juga sudah sangat banyak di nikmati oleh para penikmat seni baik di local atau di nasinal adalah Keramik Pancaniti salah satu Karya Unik Asli dari Kota Cianjur yang sudah banyak di nikmati oleh para Kolektor,baik secara nasional dan juga permintaan dari luar Indonesia.
Keramik Pancaniti salah satu Karya Unik Asli Kota Cianjur
Keramik Pancaniti salah satu Karya Unik Asli Kota Cianjur

Adalah teh nunie yang kebetulan bisa saya berbincang dan ngobrol – ngobrol tentang keramik pancaniti ini dan bagaimana proses serta peluang dan pemasaran nya yang selama ini di bangun serta suka duka nya sebagai seorang yang konsisten melanjutkan hasil karya seni ini yang di beri nama keramik pancaniti,dan  bukan yang mustahil bahwa keramik asli buatan cianjur ini menjadi andalan sebuah karya yang di perhitungkan di pasaran nasional hingga manca Negara.

Beberapa hal yang sempat saya diskusikan dengan the Nunie ini sebagai pelaku dan juga generasi yang melanjutkan karya – karya keramik pancaniti ini,diantaranya saya rangkum beberapa hal sebagai berikut.

Sudah Berapa Lama Keramik Pancaniti ini ?
Sebenarnya Sudah Cukup lama,di mulai dari sang ayah dari the nunie ini membuat karya keramik dengan nama panca niti mungkin sudah puluhan tahun,kalau the nunie sendiri adalah generasi yang melanjutkan keramik pancaniti berikut nya,sesudah sang ayah sekarang lebih banyak ke Pra Produksi dan masih sering juga ikut serta dalam pengawasan.

Untuk Pemasaran nya bagaimana ?
Pemasaran sendiri kami masih mengandalkan Konsumen lama yang sudah punya pangsa pasar yang cukup luas karena sudah lama dan juga cukup fanatic dengan karya – karya kami,selain itu juga meng gaet pasar pasar baru dengan cara mengikuti berbagai pameran secara local atau juga nasional dan tidak lupa juga menggarap Potensi yang lagi trend dengan mengikuti jaman dengan pemasaran media social marketing seperti instagram dan lain nya.
Keramik Pancaniti salah satu Karya Unik Asli Kota Cianjur
Keramik Pancaniti salah satu Karya Unik Asli Kota Cianjur

Kendala yang di hadapi dalam pemasaran ?
Kendala dalam pemasaran adalah ,karena jenis kami jenis keramik maka agak rentan kalau menggunakan expedisi,bisa saja ketika barang sampai banyak yang rusak dan konsumen komplen atau juga dalam pemesanan banyak akan terkendala dengan harga ongkos kirim yang juga cukup mahal.

Sudah Kemana saja Pemasaran Keramik Pancaniti ini ?
Kalau selama ini banyak di jual baik untuk local jawa barat hingga ke beberapa pulau yang ada di Indonesia,karena biasanya mereka membutuhkan untuk sebagai pelengkap upacara adat dan juga hiasan ornament pada furniture dan juga peruntukan lain nya.

Untuk Pembuatan nya sendiri bagaimana sih ?
Pembuatan keramik pancaniti memang masih menggunakan metode konvensional yaitu dengan cara menulis dan membuat Gambar pola dasar secara manual dan di tulis manual pula,jadi mempertahankan estetika seni dalam pembuatan keramik pancaniti ini.

Apa saja yang di buat Oleh Keramik Pancaniti ini ?
Macam – macam sih seperti Vas Bunga,Piring Keramik Kerambah ,Guci,Pot, aksesoris Lemari dan lain nya,Untuk Corak dan warna sendiri keramik pancaniti punya karakter yang cukup berbeda dengan pengrajin keramik keramik yang sudah ada di pasaran jadi kami konsisten dengan apa yang kami tawarkan dan semoga bisa menjadi pilihan diantara berbagai corak dan warna keramik yang ada di Indonesia.
Keramik Pancaniti salah satu Karya Unik Asli Kota Cianjur
Keramik Pancaniti salah satu Karya Unik Asli Kota Cianjur

Untuk Pemesanan Bagaimana ?
Kalau saat ini apabila ingin Custom  bisa pree Order ,kalau yang ada stok maka kami tinggal kirim saja dan bisa pemesanan lewat instagram atau juga via facebook atau juga whatsapp yang selama ini sering kami lakukan,sedang untuk memperkenalkan produk lebih luas ,kami biasanya mengikuti pameran daerah atau nasional seperti Ina Craft dan lain nya,sudah cukup lumayan untuk memperkenalkan produk kami.
Keramik Pancaniti salah satu Karya Unik Asli Kota Cianjur
Keramik Pancaniti salah satu Karya Unik Asli Kota Cianjur

Nah semoga saja Keramik Pancaniti salah satu Karya Unik Asli Kota Cianjur ini bisa menjadi kebanggaan hasil karya seni dan cretivitas Orang cianjur yang siapa tau saja bisa mendunia dan membuat warga dan juga Orang Cianjur lebih bangga akan harya sendiri,semoga makin sukses


Kay Xaveriuz

I AM JUST A CONTENT WRITER AND BLOGGER WHO LIKES TO SHARE THROUGH USEFUL WRITINGS

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak