Cara membuat dan Masak Tauco Cianjur


Mengenal Bahan atau makanan yang satu ini memang sudah banyak sekali Orang tahu dan di identikan dengan cirri khas salah satu daerah di jawa barat,ya tauco memang saat ini sudah di kenal sebagai salah satu makanan atau bumbu masak cirri khas salah satu kota di jawa barat yaitu Kota Cianjur,maka kalau ngobrolin tentang tauco pasti akan teringat dengan kota cianjur.
Cara membuat dan Masak Tauco Cianjur
Cara membuat dan Masak Tauco Cianjur Tambahkan teks

Makan khas tauco ini pada masa sekarang sudah sangat banyak di gandrungi sebagai pelengkap bumbu atau sebagai bahan olahan untuk masakan yang bisa di peroleh dengan cukup mudah,meskipun anda berada cukup jauh dari kota dimana tauco ini di produksi,salah satunya tentu dengan cara berbelanja lewat Pengiriman Online atau expedisi,atau bisa juga belanja lewat website E – Commerce yang banyak menjajakan makanan yang satu ini.
Baca Juga :

Untuk Harga yang di tawarkan nya pun ber Variasi tergantung toko yang menjual nya,serta kemasan nyapun mengalami beberapa perubahan dan evolusi serta menyesuaikan dengan kemajuan jaman,jika kita lihat pada masa awal makanan ini di buat tentunya sudah banyak perubahan dan juga menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen pada masa nya.

Tapi apakah anda sudah tahu Cara membuat dan Masak Tauco Cianjur  ini,karena sedikit banyak orang masih pada bingung dengan cara mengolah makanan ini,atau bagaimana sih proses dari pembuatan makanan khas cianjur yang di kenal dengan sebutan tauco ini di buat dan apakah kita bisa juga membuat nya secara mandiri,tentu nya bisa – bisa saja kita membuat nya,namun proses nya tidak semudah yang di bayangkan.
Baca Juga :
Bahkan untuk pembuatan tauco ini bisa memakan waktu berbulan – bulan hingga bisa di kemas di pasaran,seperti apa yang di kemukakan oleh Generasi Penerus dari produk Tauco Yang punya nama besar di derah cianjur yaitu tauco Cap Meong yang saat ini di teruskan Oleh Stefany tasma sebagai Penanggung jawab tauco cap meong yang sudah berdiri kurang lebih 140 tahun yang lalu.

Apa Itu Tauco Khas Cianjur :

Tauco adalah sebuah bumbu makan yang di buat dari bahan Biji kacang kedelai yang sudah melewati perebusan juga setelah itu di haluskan serta di campur dengan bahan - bahan pelengkap lain nya serta melewati proses Fermentasi ,Sehingga bahan tauco bisa kita simpan kuat hingga mencapai tahunan dan tidak akan mudah rusak atau basi ,apabila tidak terkena kontaminasi dengan bahan organic lain.

Sejak Kapan Tauco berada di wilayah Cianjur ?

Menurut Beberapa sumber ,bahwa tauco sudah ada sejak beberapa ratus tahun lalu di kota cianjur ini,Semenjak Keturunan Bangsa Tionghoa masuk di kawasan Cianjur ,sebagai contoh seperti tauco cap meong yang sudah berdiri sejak tahun 1880 tahun lalu Oleh Generasi Pertama yaitu Nyonya Tasma.
Cara membuat dan Masak Tauco Cianjur
Cara membuat dan Masak Tauco Cianjur Tambahkan teks

Apa Kandungan Tauco itu ?

Kandungan Energy dari tauco ini sebesar 166Kilo Kalori
Kandungan Protein sebesar 10,4 Gram
Kandungan Karbohidrat  sebesar 24,1 Gram
Kandungan Lemak  sebesar 4,9 Gram
Kandungan Kalsium sebesar 5,5 Mili gram
Kandungan Posfor  sebesar 365 Mili gram
Kandungan Zat Besi sebesar 1 Mili gram
Kandungan Vitamin  A Sebanyak 23 IU
Kandungan Vitamin B Sebanyak 0.05 Miligram
Kandungan Vitamin C Sebanyak 0 Miligram

Kandungan tersebut terdapat Pada 100 Gram Tauco,Jadi sangat Bermanfaat Bukan  Jadi yuk kita membuat atau masak makanan dengan bahan tauco.

Bagaimana Cara Membuat Tauco ?

Cara membuat dan Masak Tauco Cianjur ini terdiri dari langkah – langkah pasca produksi serta produksi yang cukup panjang dan beberapa proses itu diantaranya adalah beberapa bahan yang harus kita sediakan dan juga bahan baku dalam proses membuat nya yang harus betul – betul kita perhatikan Kualitasnya.

Bahan – bahan tauco adalah :
Kacang Kedelai Kualitas Bagus / Mulus Sebanyak 1 Kg
Ragi Untuk Bahan tempe Sebanyak 50 gram
Tepung Beras 50 gram
Tepung ketan 50 gram
Gula Aren 250 gram
Garam 400 gram
Air 2 liter
Baca Juga :
Proses dan Cara pembuatan Tauco :

Bersihkan Kacang kedelai dari kotoran dan kecambah lalu cuci hingga bersih dan siap pada proses selanjut nya.

Rendamlah kedelai dalam air panas kurang lebih 5 menit ,sesudah itu ganti air rendaman nya dengan air dingin selama 12 Jam.

Kupas Kulit nya dan bentuk biji kedelai terpisah sehingga hanya berbentuk kepingan dan terpisah
Rebus kembali selama 2 Jam ,lalu sesudahnya tiriskan kembali selama kurang lebih 1 Jam

Campurkan tepung beras dan ketan serta sangria di pengapian hingga berwarna kekuningan ,serta tambahkan ragi tempe aduk hingga betul – betul rata
Angkat dan ratakan bahan tadi yang sudah di olah di atas tampah serta taburkan tepung dan Fermentasi selama 3 hari

Jemur bahan yang tadi sudah di bikin dan biarkan hingga kering di panas matahari,sambil di haluskan gumpalan – gumpalan yang menyatu.
Cara membuat dan Masak Tauco Cianjur
Cara membuat dan Masak Tauco Cianjur Tambahkan teks


Pengemasan :

Bikin larutan Garam dengan air dan aduk hingga larut
Siapkan Botol atau Toples,dan masukan bahan yang tadi sudah kita buat dari bahan bahan kacang kedelai pada toples.
Tuang larutan garam dan feram selama 4 minggu dengan kondisi tutup agak rapat
Tambahkan Gula pada bahan yang sudah di feram dan kita masak lagi hingga mendidih dan bentuk nya tidak berbuih.

Kemas dalam botol atau toples yang tentunya harus sudah di sterilkan ,agar tauco ini bisa kuat dan tahan lama ,bahkan untuk berbulan – bulan
Untuk Tauco khas cianjur ini ada yang berbentuk tauco kering dan juga berbentuk tauco basah
Tapi apabila para sahabat pembaca ingin lebih tahu cara dan pembuatan yang lebih detail nya,anda bisa melihat secara langsung di pabrik tauco cap meong,atau bisa beli jadi tanpa ribet di outlet nya yaitu di toko tauco cap meong di Jalan Gunung Lanjung Km.5 Cugenang Cianjur Jawabarat.





Kay Xaveriuz

I AM JUST A CONTENT WRITER AND BLOGGER WHO LIKES TO SHARE THROUGH USEFUL WRITINGS

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak