Kesenian Rengkong dan Cerita sejarah yang berasal dari Cianjur


Cianjur memang memiliki Cukup banyak  tempat wisata dan juga kesenian yang lahir dari Kota ini dan mungkin diantara nya sudah cukup banyak di kenal luas oleh masyarakat umum secara nasional maupun global ke manca Negara,sebut saja beberapa contoh kesenian yang cukup termashur adalah kesenian kacapi cianjuran yang di kenal dengan istilah mamaos.
Kesenian Rengkong dan Cerita sejarah  yang berasal dari Cianjur
Kesenian Rengkong dan Cerita sejarah  yang berasal dari Cianjur

Selain itu ada juga kesenian lain nya yaitu Kesenian Rengkong dan Cerita sejarah  yang berasal dari Cianjur ini,Mungkin sedikit sekali pembahasan tentang kesenian yang ada di cianjur dan hanya beberapa literasi yang bisa kita dapatkan saat berselancar di dunia maya pun.

Dan semoga dengan Postingan kali ini bisa menambah informasi mengenai beberapa kesenian yang ada di daerah cianjur,seperti pada kali ini kita akan ulas sedikit tentang kesenian Rengkong dan seperti apa sih kesenian ini di gelar.

Kesenian Rengkong ,Lahir dari sebuah kondisi dimana secara geografis dan juga kultur masyarakat cianjur umum nya adalah kebanyakan menggantungkan hidup dari pada hasil bercocok tanam dan bertani ,Seperti hal nya kesenian ini lahir yaitu di daerah yang di kenal sebagai daerah yang menggantungkan hidup nya dari hasil pertanian yaitu sebuah daerah yang bernama Kandang sapi  Desa Cisarandi Kecamatan Warung Kondang.

Pada Mulanya Kesenian Rengkong dan Cerita sejarah  yang berasal dari Cianjur ini adalah sebagai Upacara adat atau Kesenian yang di lakukan masyarakat Ketika Melakukan Panen Hasil Pertanian,dimana Ketika memindahkan hasil panen padi dari ladang ke Lumbung Padi .

Kesenian ini lahir dari sebuah Proses yang tidak sengaja ,yaitu dimana para petani yang mempunyai ladang itu jarak nya cukup jauh dari rumah pemukiman penduduk dan untuk membawa hasil pertanian nya yag cukup banyak maka di butuhkan sebuah alat angkut yang cukup kuat dan bisa mengangkut hasil pertanian sampai dibawa kerumah nya,dengan bantuan sebuah alat sebatang bambu kuat atau biasa di sebut Gombong serta pada ujung nya di ikat menggunakan tali ijuk agar bisa di bawa ke rumah yang berada cukup jauh.
Kesenian Rengkong dan Cerita sejarah  yang berasal dari Cianjur
Kesenian Rengkong dan Cerita sejarah  yang berasal dari Cianjur

Dengan jauh nya perjalanan,dan beban yang di pikul cukup banyak di seiring perjalanan pikulan tersebut mengeluarkan sebauh bunyi yang di hasilkan antara gesekan dari bamboo dan ijuk tersebut sperti suara binatang burung sejenis angsa yang di sebut Burung rangkong ,dari sanalah kesenian ini dinamakan dan di kembangkan menjadi kesenian Rengkong.
Baca Juga :

Sejak Kapan Kesenian Rengkong dan Cerita sejarah  yang berasal dari Cianjur ini mulai di kenal ?
Beberapa Tokoh dan juga budayawan menyebutkan bahwa Kesenian Rengkong ini sudah cukup lama di kenal di daerah asal nya yaitu daerah sukaratu sejak akhir abad 19 dan banyak di kembangkan oleh beberapa penggiat seni di daerah nya seperti oleh Bpk.Said dan juga Oleh Pengusaha genteng yang mengganti Beban Padi yang di pikul oleh bahan genteng ,sedangkan untuk daerah kandang sapi sendiri di kembangkan oleh Bpk Sopian sejak tahun 1967.
Kesenian Rengkong dan Cerita sejarah  yang berasal dari Cianjur
Kesenian Rengkong dan Cerita sejarah  yang berasal dari Cianjur

Kesenian yang hampir mirip Kesenian Rengkong pun sebenarnya banyak terdapat di daerah lain,mungkin hanya nama nya saja yang berbeda – beda dan mempunyai ciri khas masing – masing sesuai dengan daerah asal nya,Sedangkan untuk Kesenian Rengkong dari cianjur ini mempunyai beberapa jenis yaitu ada rengkong besar dan juga ada rengkong yang agak kecil yang di gunakan  sebagai pengiring dan biasanya di gabung dengan kesenian lain nya pada saat pementasan nya.

Pada awal nya Kesenian Rengkong ini sebagai ajang hiburan melepas kepenatan dimana sepanjang jalan yang cukup lama dan melelahkan ,masyarakat mengisinya dengan sebuah hiburan dan bersendau gurau dari suara peralatan pikulan yang mereka pakai ,agar tidak terlalu lelah dalam perjalanan dan membuat mereka tambah bersemangat dalam bekerja.




Kay Xaveriuz

I AM JUST A CONTENT WRITER AND BLOGGER WHO LIKES TO SHARE THROUGH USEFUL WRITINGS

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak